“SEMBELIT”

Tanda-tanda yang sering muncul ketika sembelit adalah jangka waktu yang lama, waktu yang tidak teratur pada saat buang air besar. Hal tersebut disertai dengan ciri-ciri perut yang semakin membesar yang diikuti dengan kentut ,bau mulut, sakit kepala, dan rasa sakit ketika buang air besar (getaran, pergerakan selama buang air besar)sembelit1

Setiap orang mempunyai pola kebiasaan tertentu ketika buang air besar, yang cukup bervariasi, dari tiga kali sehari hingga sekali dalam waktu 2 atau 3 hari. Jadi jika anda merupakan salah satu orang yang tidak buang air besar dalam jangka waktu yang lama, jangan langsung berpikir bahwa anda terkena sembelit. Perasaan khawatir karena sembelit bisa menjadi penyebab penyakit itu bisa terjadi.

Bagaimana sembelit terjadi. . ????

Makanan pada umumnya masuk melalui usus dengan gerakan otot yang beraturan yang disebut peristalsis. Sembelit cukup mengganggu dalam proses tersebut. Ada beberapa penyebab seperti pada gangguan diatas yang kemungkinan penyebab utama adalah makanan itu sendiri.

Sistem pencernaan mampu mencerna dan menyerap sari-sari makanan dari makanan yang kita makan, namun ada satu zat yang tidak bisa dicerna dan diserap sistem pencernaan itu. Hal tersebut adalah selulosa-selulosa tumbuhan, yang bentuknya secara umum terdapat pada biji bagian terluar dari tumbuhan dan sayuran. Sebutan umum untuk selulosa tumbuhan itu adalah roughage atau serat (lihat pada bagian karbohidrat). Selulosa yang tidak dapat dicerna pada hasil akhir dari pencernaan makanan menstimulasi adanya peristalsis.

Beberapa makanan tidak mengandung serat, dan hal yang mungkin terjadi jika makanan-makanan itu dikonsumsi tanpa diimbangi makanan lain, dan dalam jumlah yang banyak, hal itu akan mengakibatkan sembelit. Makanan yang secara umum tidak mengandung serat adalah telur, keju dan daging.

~ oleh jokolelonokosti pada November 16, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: