TARI PENDET DIKLAIM MALAYSIA

pendetMalaysia kembali membuat gerah bangsa Indonesia. Setelah Lagu Rasa Sayange diklaim merupakan budaya Malaysia, sekarang tari pendet menyusul daftar panjang masalah ini. Hal ini terlihat dalam iklan pariwisata Malaysia yang baru.Tari pendet merupakan tarian khas tradisional masyarakat Bali. Tari Pendet dulunya merupakan tarian pemujaan yang banyak dibawakan di pura.Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, kaum wanita dan gadis desa. Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakkan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.     Tarian ini sekarang diakui sebagai hasil budaya Malaysia. Daftar panjang masalah budaya itu sudah dimulai sejak dulu untuk pertama kali Malaysia mengklaim batik kemudian disusul dengan produk budaya yang lain. Sebut saja keris, angklung, reog ponorogo, Lagu Rasa Sayange sudah lebih dulu masuk dalam daftar budaya Malaysia.

Yang menjadi pertanyan sekarang mengapa kesenian asli bangsa indonesia sampai diklaim oleh negara lain?  Mungkin jawabannya ialah karena para pemuda bangsa kita yaitu bangsa indonesia sudah tidak lagi mempunyai sikap patriotis terhadap terhadap kesenian kita dengan kata lain mereka sudah tidak cinta lagi terhadap asli bangsa indonesia. Mereka justru lebih senang menanamkam sikap patriotis tersebut terhadap kesenian modern seperti halnya musik pop dan musik rock. Akibat hilangnya sikap patriotis itulah maka negara lain memanfaatkan kesempatan tersebut dengan cara mengklaim kesenian tersebut, seperti halnya tari pendet, reog ponorogo, lagu rasa sayange dan batik. Nah jika kesenian kita sudah diklaim oleh negara lain para rakyat kita banyak yang tidak terima dan marah. Padahal kita sendiri tidak mencintai kesenian tersebut. Apa salahnya kalau kita menanamkan sikap patriotis terhadap kesenian asli bangsa kita sendiri? dari itulah marilah kita mulai dari sekarang cintailah kesenian bangsa kita sendiri agar tidak diklaim oleh negara lain lagi.

~ oleh jokolelonokosti pada Oktober 26, 2009.

2 Tanggapan to “TARI PENDET DIKLAIM MALAYSIA”

  1. betul itu bro.., seringkali kita memang cenderung apatis pada
    budaya dan kesenian kita sendiri.
    Tapi hal itupun juga tidak berarti membolehkan negara lain mengklaim budaya kita tersebut seperti halnya Malingsial.

  2. harus segera diatas biar tidak merambat pada tari-tari dan budaya yang lain

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: