ANAK CERDAS ISTIMEWA

Menurut Renzuli, anak cerdas istimewa adalah anak yang memiliki tiga komponen diatas rata-rata teman sebaya, yaitu Intellegence Quotient lebih dan sama dengan 130,Task Comitment dan Creativity Quotient diatas rata – rata (3). Dengan alat ukur ini maka siswa berhak mendapatkan pelayanan pendidikan khusus yang bersifat individual untuk lebih memaksimalkan kemampuan merekaKecerdasan Istimewa (giftedness) sebagai konsep multifactor dan dinamis. Bila dahulu konsep giftedness hanyalah merupakan konsep dari perkembangan kognitif saja (sebagai single factor), namun konsep itu kini sudah jauh berubah. Selain konsep berkecerdasan istimewa (giftedness) yang merupakan konsep multifactor (inteligensia, motivasi, kreatifitas, dan lingkungan), Mooij (1992); Mönks & Ypenburg (1995) menambahkan lagi karakteristik giftedness dengan konsep bahwa giftedness sebagai konsep dinamis. Giftedness sebagai konsep dinamis ini menyangkut pada perkembangan anak-anak cerdas istimewa yang dari hari ke hari dan tahun ke tahun mengalami perkembangan khusus yang dinamis, yang berbeda dengan anak-anak kelompok lain atau dengan kelompok sebayanya. Sinyal-sinyal individu cerdas istimewa dapat dideteksi melalui (Hogeveen, 2004)

-sinyal tumbuh kembang

-sinyal personalitas

-sinyal berkecerdasan istimewa atau sinyal intelektualitas

Ciri Perkembangan anak cerdas istimewa
Psikomotor; Anak cerdas istimewa umumnya mempunyai perkembangan psikomotor yang besar, Selalu bergerak dan banyak enerji, cepat dan banyak bicara, serta membutuhkan jam tidur yang lebih sedikit daripada anak normal.
Sensual; Overexcitebilities sensual ini sering ditandai dengan “cut the label out of shirt” (menghendaki agar label baju digunting dan dibuang), menyukai hal-hal yang merangsang sensoris seperti misalnya tekstur, bebauan, rasa dlsb; tetapi juga bereaksi sangat kuat terhadap input sensory yang negatif (bau tidak enak, suara gaduh, dsb). Ia sangat sensitif terhadap cahaya, dan suara yang keras. Tetapi ia juga mempunyai kesadaran yang kuat terhadap estetika, kecantikan, keindahan, atau menangis mendengarkan lagu sendu.
Imajinasi; Perkembangan imajinasi yang besar ditandai dengan kemampuan berpuisi yang dalam dengan bahasa yang indah, selalu memimpikan sesuatu, kuat dalam berpikir visual, dan banyak menggunakan bahasa yang bermetaphora. Suka melamun, sangat ingat akan mimpi-mimpinya saat malam hari danbereaksi sangat kuat terhadap mimpi-mimpinya itu, sangat menyukai ceritacerita dongeng.
Intelektual; Perkembangan intelektual yang besar ini sering digunakan untuk keperluan pendifinisian giftedness, Anak dengan perkembangan “logical imperative”, yang suka dengan latihan otak dan puzzel, menyukai untuk mengikuti penjelasan yang kompleks serta menyukai berbagai penjelasan. Menyukai berbagai hal yang sifatnya akademik, informai terbaru, games yang merangsang otak, dan sebagainya.
Emosional; Selain ia mempunyai perkembangan emosi dengan intensitas yang kuat, ia juga mempunyai perkembangan emosi dengan range yang luas, dalam, sangat empathi dan mudah merasa iba.

~ oleh jokolelonokosti pada Oktober 17, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: